Wajib Paham! Ini Alasan Ban Mobil Anda Harus Spooring dan Balancing

Dealer Toyota Kaltim – Ban merupakan salah satu komponen yang punya tugas sangat berat saat libur akhir tahun kemarin. Ini karena ban bagaikan telapak kaki manusia yang menumpu seluruh beban mobil sepanjang perjalanan.

Ban juga yang ditugaskan untuk melajukan mobil serta mengurangi kecepatan hingga berhenti, termasuk mesti bekerja saat mobil harus belok.

Fungsi lain ban yang sering Anda lupakan adalah ia juga bertugas untuk menyerap benturan. Bahkan yang pertama sebelum akhirnya dibantu oleh sistem suspensi.

Tugas ban dibantu oleh kaki-kaki yang mengatur pergerakan ban di jalan, satu paket dengan sistem suspensi yang bertugas meredam goncangan di jalan.

BACA JUGA : Pentingnya Nya Pemahaman Coolant Radiator

Sinergi antara ban dan komponen di kolong mobil tersebut yang membuat Anda merasa nyaman saat berkendara. Termasuk pula memudahkan ketika mengendalikan mobil.

Nah, supaya ban tetap dapat bertugas dengan baik, ada proses revitalisasi yang disebut dengan spooring dan balancing.

Spooring dan balancing merupakan salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil agar laju mobil tetap lurus dan mudah dikendalikan.

Spooring adalah proses pelurusan kembali kedudukan empat roda mobil seperti setelan awal sesuai ketentuan pabrikan. Roda yang selaras membuat kaki-kaki mobil dapat bekerja dengan baik.

Sedangkan balancing menyeimbangkan keempat roda agar putarannya menjadi seimbang. Ini membuat ban mobil dapat berputar dengan baik dan menjaga kenyamanan penumpang.

Tanda-tanda mobil sudah harus di-spooring dapat dikenali, seperti mobil terasa sulit saat dikendalikan dan hampa saat manuver. Gerakan setir seperti tidak terkoneksi dengan ban depan dan ban juga cukup liar saat terantuk lubang.

Walau untuk ini Anda juga mesti cek suspensi mobil karena bisa jadi sokbreker bermasalah sehingga tidak mampu bekerja dengan baik. Termasuk pula komponen setir yang pegang peran mengendalikan laju mobil.

Paling gampang, lepaskan kemudi saat kecepatan sekitar 40-60 km/jam. Jika kemudi menarik ke satu sisi, artinya mobil butuh spooring alias dikalibrasi ulang keselarasan kaki-kakinya.

Sementara balancing dibutuhkan agar ban tetap dapat berputar sempurna tanpa vibrasi karena vibrasi akibat ban tidak balans bisa mengurangi kenyamanan dan kestabilan ban.

Tanda paling mudah ketika ban butuh balancing adalah getaran ban di kecepatan tertentu yang hilang saat kecepatan ditambah atau dikurangi. Tapi untuk amannya, lakukan balancing ketika Anda melakukan spooring.

Idealnya Anda bisa melakukan kedua proses di atas saat rotasi ban sekitar 3 bulan sekali, atau minimal 6 bulan sekali jika mobil tidak sering dipakai.

Selain kenyamanan dan kestabilan berkendara, kedua proses di atas juga bisa menjaga usia ban dan komponen kaki-kaki. Keausan telapak ban juga dapat terdistribusi rata.

Ban yang baik sudut keselarasannya membuatnya lebih mudah saat menggelinding dan secara tidak langsung bakal menghemat konsumsi bensin.

Yang tidak kalah penting, ketika proses spooring dan balancing, Anda juga bisa sekaligus melakukan pengecekan dan perawatan komponen setir dan suspensi karena semuanya merupakan satu paket komponen serta kinerjanya saling mempengaruhi.

Oleh sebab itu, lakukan spooring dan balancing setelah perjalanan libur Anda selesai. Serahkan tugas tersebut pada sembari melakukan pengecekan paska berlibur.

Sumber  Auto2000.id

post : Dealer Toyota Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call
WhatsApp